Tahlilan Bid'ah Sesat: Presiden PKS Tahlilan di Makam Sunan Kalijaga

TEMPO.CO, Semarang - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta berziarah ke makam Sunan Kalijaga dan tahlilan bersama takmir Masjid Agung Demak, Rabu, 3 April 2013. Bekas Wakil Ketua DPR ini memiliki alasan sendiri. »Ini bagian dari silaturahmi,” kata Anis Matta di Semarang sebelum berangkat ke Demak, Rabu, 3 April 2013.
Selama lima hari, Anis Matta melakukan safari di Jawa Tengah. Salah satu agendanya adalah pergi ke Demak untuk ziarah dan tahlil. Langkah Anis ini menarik. Sebab, selama ini PKS dianggap jarang melakukan tradisi tahlil dan ziarah makam. Tahlil dan ziarah makam selama ini lebih identik dengan ibadah kaum nahdliyin yang ingin mendoakan leluhurnya.
Selain silaturahmi, Anis juga ingin nostalgia dan memperkuat memori kenangan pada saat masih menjadi mahasiswa. Anis mengaku, pada saat mahasiswa, ia pernah membuat penelitian tentang Walisongo.
Saat ditanya apakah ziarah dan tahlil ini bagian dari manuver untuk merengkuh dukungan terhadap partai yang dipimpinnya, Anis tak menjawabnya secara jelas. ”Intinya, silaturahmi dengan kiai dan juga melakukan ziarah makam. Soal dukung-mendukung itu belakangan, nantilah,” kata Anis Matta, yang didampingi para pengurus PKS di Jawa Tengah.
ROFIUDIN.


TEMPO.CO, Semarang-Mulai Selasa hingga Jumat pekan ini, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Muhammad Anis Matta melakukan safari di Jawa Tengah, terutama di Demak, Semarang dan sekitarnya.

Meurut Ketua Bidang Humas Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jawa Tengah Agung Setia Bakti, bekas wakil ketua DPR itu akan konsolidasi total di Jawa Tengah.

Yang menarik, dalam kunjungannya ke Demak hari ini Anis Matta akan berziarah dan tahlilan ke Makam Sunan Kalijaga dengan didampingi beberapa Pejabat Kabupaten Demak. Padahal, tahlilan dan ziarah makam merupakan tradisi dan amalan yang sering dilakukan warga Nahdlatul Ulama untuk mendoakan para leluhur yang sudah meninggal dunia.
"Anis Matta juga akan melakukan pertemuan dengan Ketua MUI Demak dengan dilanjutkan tahlil bersama takmir Masjid Agung Demak serta makan malam dan pertemuan Majlis Al Hikmah Demak," kata Agung, Rabu 3 Maret 2013.
Selain itu, pada hari ini Rabu (3/4) Anis juga di jadwalkan bertemu dengan pengusaha Hasan Thoha Putra, di Menara Hasan Thoha Putra di Jalan Durian Banyumanik. Pengganti Luthfi Hasan Ishaaq ini juga akan bertemu komunitas Tionghoa yayasan Tjie Lam Tjay dan bertemu komunitas Seniman di Sobokartikawasan Dargom.
Selain melakukan safari ke beberapa tokoh, Anis juga akan melakukan konsolidasi pemenangan pasangan calon gubernur Jawa Tengah Hadi Prabowo-Don Murdono.

ROFIUDDIN

sumber berita: tempo

No comments:

Post a Comment