Dari Qatadah r.a, berkata : Anas r.a, ditanya bagaimana adanya bacaannya Nabi SAW?, ia berkata
:
كَانَتْ مَدًّا، ثُمَّ قَرَأَ :
{ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ }، يَمُدُّ بِبِسْمِ اللَّهِ،
وَيَمُدُّ بِالرَّحْمَنِ، وَيَمُدُّ بِالرَّحِيمِ. {رواه البخاري (٥٠٤٦)،
وأبو داود (١٤٦٥)، وغيرهما}. حديث صحيح
“Adalah bacaannya panjang, kemudian
ia membaca “BISSMILLAAHI AR-RAHMAANI AR-RAHIIMI”, ia memanjangkan pada
Bismillaahi, dan pada Ar-Rahmaani, dan pada Ar-Rahiimi”. (H.R. Al-Bukhari, No Hadits : 5046, dan Abu Dawud, No Hadits : 1465). Hadits Shohih
إِذَا قَرَأْتُمْ الْحَمْدُ
للهِ فَاقْرَءُوا بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، إِنَّهَا أُمُّ
الْقُرْآنِ وَأُمُّ الْكِتَابِ وَالسَّبْعُ الْمَثَانِي، وَبِسْمِ اللهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ إِحْدَاهَا. {رواه الدارقطني (١١٧٧)}. إسناده حسن
”Apabila kalian membaca
al-Hamdulillah (surat al-Fatihah) maka bacalah
BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM, karena sesungguhnya ia adalah Ummul
Qur’an dan Ummul Kitab serta as-Sab’ul Matsani, dan
BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM adalah salah satu ayat darinya”. (H.R. ad-Daraquthni, No : 1177). Sanadnya adalah hasan
Ali bin Abu Thalib r.a, dan ‘Ammar bin Yaasir r.a, keduanya telah meriwayatkan :
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، كَانَ يَجْهَرُ فِى الْمَكْتُوبَاتِ بِبِسْمِ اللَّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، وَكَانَ يَقْنُتُ فِى صَلاَةِ الْفَجْرِ، وَكَانَ
يُكَبِّرُ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ صَلاَةَ اْلغَدَاةِ، وَيَقْطَعُهَا
صَلاَةَ الْعَصْرِ آخِرَ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ. {رواه الدارقطني (١٧١٨)،
والحاكم في المستدرك (١١٣٩)}. وقال الحاكم : هذا حديث صحيح الإسناد، ولا
أعلم في رواته منسوبا إلى الجرح.
“Sesungguhnya Nabi SAW, adalah
beliau mengeraskan di dalam sholat-sholat fardlu dengan
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM, dan adalah beliau qunut di dalam sholat
Shubuh, dan adalah beliau bertakbir dari hari ‘Arafah pada sholat
Shubuh, dan beliau memutuskannya pada sholat ‘Ashar pada akhir hari-hari
tasyriq”. (H.R. Ad-Daraquthni, No Hadits : 1718, dan Al-Hakim, No
Hadits : 1139). Dan Al-Hakim berkata : Ini adalah hadits yang shohih
sanadnya, dan saya tidak tahu di beberapa perowinya yang dinisbatkan
kepada kecacatan
Penjelasan : Oleh sebab itulah Imam as-Syafi’i dan mayoritas ulama
berpendapat bahwa wajib membaca Basmalah pada permulaan surat al-Fatihah
di dalam tiap-tiap sholat. Wallohu A’lam
Posted by Dawam Mu’allim
Posted by Dawam Mu’allim
No comments:
Post a Comment