Tidak Ada Tuntunannya = Neraka.... :D

Ketika sahabat Rasulullah melakukan sesuatu yang tidak ada tuntunannya, tidak pernah dilakukan dan diajarkan Rasulullah... sesatkah sahabat Rasulullah?
diriwayatkan dalam Shahih Bukhari, ketika Imam Masjid Quba setiap kali sholat ia selalu membaca surat Al Ikhlas, setiap sholat ia selalu membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlas, baru surat lainnya. Al Ikhlas selalu ada pada setiap rakaatnya. maka makmumnya protes kenapa setiap mengimami selalu surah Al Ikhlas dibaca baru surat lain? maka Imam berkata: “kalau kalian tidak ingin aku jadi imam aku akan pergi, biar orang lain yang jadi imam aku yang do’a”, tapi para makmumnya tetap menyukai imam ini, namun sebagian mengadukan pada Rasul Saw. “Ya Rasulullah, org ini bikin ajaran baru, setiap baca fatihah ia baca surat Al Ikhlas baru surat lain, kenapa Al Ikhlas yang ia dahulukan dibaca terus, beda apa Al Ikhlas dengan surat lain, kenapa harus Al Ikhlas terus baru surat lainnya yang dibaca”. Imam tsb Dipanggil oleh Rasul Saw “kenapa kau membaca surat Al Ikhlas setiap setelah fatihah baru membaca surat lain?”, ia berkata “inniy uhibbuhaa” nggak ada jawaban apa – apa ya Rasulullah, aku suka dengan surat Al Ikhlas....
maka Rasul Saw berkata “hubbuka iyyahaa adkhalakal jannah” cintamu kepada surat al ikhlas membuatmu masuk ke dalam surga-Nya Allah.

itulah tanggapan Rasulullah terhadap kebiasaan yg dibuat2 sahabatnya, Rasulullah tidak bilang "kamu sesat telah membuat syareat baru,tidak ada tuntunannya"
padahal sahabat tersebut ketika ditanya kenapa selalu surah alikhlas jawabnya enteng.. karena aku menyukai Al-ikhlas, dan tanggapan Rasulullah awesome!


sumber: diskusi FB

No comments:

Post a Comment