Tarawih 11 Rakaat atau 23 Rakaat?

Adakah Imam Madzhab Tabi'in dan Tabi'ttabi'in yang berpendapat bahwa tarawih + witir harus 11 rakaat. silahkan tanyakan kepada guru/kyai/ustadz anda, bongkar semua kitab perbandingan Madzhab. dan anda akan menemukan: Semua Imam Madzhab (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi, Imam Ahmad bin Hanbal) telah menyunnahkan shalat tarawih + witir 23 rakaat. Bahkan Imam Malik menganjurkan Tarawih + Witir 39 Rakaat.
Tidak ada satupun yg menganjurkan 11 rakaat. Imam2 madzhab tersebut adalah Imam dari tabi'in dan tabiittabiin. bukankah sdh diwajibkan kepada Umat islam utk memahami Alqur'an dan Assunnah sesuai pemahaman mereka.
Rasulullah bersabda:
أوصيكم بأصحابي ثم الذين يلونهم ثم الذين يلونهم
Aku mewasiatkan kepada kalian untuk (mengikuti) sahabatku, kemudian orang-orang yang mengikuti mereka (tabi'in), kemudian orang-orang yang mengiringi mereka (tabi'ittabi'in).
So, berhentilah menentang mereka dgn mengatakan tarawih 23 rakaat bid'ah.
Jika mau 11 rakaat silahkan, mau yg 23 silahkan. bahkan kalau pun tarawih dua rakaat saja juga tidak berdosa, karena tarawih bukanlah sesuatu yg diwajibkan.

3 comments:

  1. yes..tetapi rasulullah s.a.w..utusan allah sndri xprnah buat..adakah mazhab2 itu rasul allah?adakah allah telah turun wahyu kepda mazhab2..semua manusia tak sempurna kcuali rasulullah,smua ada kesalahan kcuali rasulullah..Kemudian jika kalian berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kalian benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagi kalian) dan lebih baik akibatnya.” (An Nisa’: 59)....“Dan barangsiapa menentang Rasul setelah jelas baginya kebenaran, dan mengikuti selain jalannya orang-orang mukmin, kami biarkan ia leluasa bergelimang dalam kesesatan dan kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.” (An Nisa’: 115)

    ReplyDelete
  2. Ya. kembalikan semuanya kepada Alqur'an dan Assunnah sesuai pemahaman Sahabat, tabi'in, dan Tabiitabiin, bukan berdasarkan pemahaman sendiri.
    Rasulullah berkata:

    أوصيكم بأصحابي ثم الذين يلونهم ثم الذين يلونهم
    Aku mewasiatkan kalian untuk (mengikuti) sahabatku, kemudian orang-orang yang mengikuti mereka (tabi'in), kemudian orang-orang yang mengiringi mereka. (tabi'ittabi'in)

    Dan Imam2 Madzhab; Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi'i adalah termasuk generasi tabi'in dan tabi'ttabi'in. mengikuti pemahaman para Imam tsb adalah bagian keta'atan atas wasiat/perintah Rasulullah sesuai hadits diatas.

    sehingga semua yg bertentangan dgn Imam Tabi'in dan Tabi'ttabi'in adalah menyalahi wasiat Rasulullah dan termasuk diluar Ahlussunnah wal jamaah.

    ReplyDelete
  3. http://sunnah-hasanah.blogspot.com/2012/07/sholat-tarawih-ramadhan-8-rakaat-atau.html

    ReplyDelete